PROFILE STT SAPTA TARUNA


LATAR BELAKANG, Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna adalah bentuk pengembangan dari Akademi Teknologi Sapta Taruna yang pada awal berdirinya tanggal 7 Juli 1984 diprakarsai oleh Bapak-bapak Pejabat Departemen Pekerjaan Umum.

PRODI JURUSAN, dari STT Sapta Taruna pada awal nya hanya dua (2) prodi jurusan yaknik Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan Namun pada awal 2013 STT-ST membuka prodi jurusan baru yaitu Teknik Informatika.

FASILITAS, yang disediakan untuk ke tiga (3) prodi jurusan tersebut disiapkan guna menunjang kegiatan belajar mengajar yakni Lab Bahasa,Lab Kimia dan Lab Komputer.

SEJARAH SINGKAT, Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna adalah bentuk pengembangan dari Akademi Teknologi Sapta Taruna yang pada awal berdirinya tanggal 7 Juli 1984 dprakarsai oleh Bapak-bapak Pejabat Departemen Pekerjaan Umum. Setelah terbentuk ATST Kepengurusannya diserahkan kepada Ibu-ibu/ Istri Pejabat dilingkungan Departemen Pekerjaan Umum yang tergabung dalam Yayasan Pendidikan Putra (YPP), yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1976, sekaligus bersamaan dengan momentum memperingati Tiga Dasa Warsa hari bakti Pekerjaan Umum. Hari bakti Pekerjaan Umum tersebut diperingati oleh Departemen Pekerjaan Umum setiap tanggal 3 Desember, degnan maksud untuk mengenang jasa para pejuang 7 pemuda dalam bahasa sansekerta "Sapta Taruna" yang merupakan pegawai Departemen Pekerjaan Umum yang gigih mempertahankan gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perhubungan di Bandung, yang kini dikenal dengan nama Gedung Sate.Perjuangn 7 pemuda Pekerjaan Umum tersebut harus ditebus dengan nilai yang sangat mahal, mereka gugur ditangan tentara sekutu Belanda. Gedung sejarah yang menjadi saksi bisu dalam perebutan kekuasaan, saat ini dipergunakan sebagai gedung perkantoran Gubernur Jabar. Pencetusan gagasan nama ATST oleh Bapak-bapak Pejabat Departemen Pekerjaan Umum dimaksudkan untuk mengabadikan nama ke-7 Pahlawan Pekerjaan Umum tersebut. Pada awalnyapenyelenggaraan pendidikandilaksanakan di kampus ATST yang sejak tahun 1990 kampus dipindahkan ke jalan Pemuda Kav.52 Rawamangun dan akhirnya pada tahun 1996 ATST menempati kampus baru yang terletak di jalan D.I Pandjaitan Kav.12-13, Cawang Jakarta-Timur. STT Sapta Taruna sejak berdirinya sampai kini telah meluluskan Sarjana (ST) dan Ahli Madya (AMd) lebih dari 1603 alumni. Predikat sebagai pencetak Ahli Jalan dan |Jembatan serta Ahli Pengelolaan Air Bersih, selalu disampaikan oleh Perusahaan Jasa Konsultasi yang telah merasakan profesionalitas dam kompetensi lulusan STT Sapta Taruna. Melalui perkembangan ATST yang semula melaksanakan Program Studi Diploma Tiga (D-III) dengan mengantisipasi pangsa pasar dan permintaan para alumninya kini telah berkembang menjadi sekolah Tinggi yang melaksanakan Program Sarjana (S-1) TS/TL sekaligus Program Diploma Tiga (D-III) TS/TL, tepatnya sejak menerima surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 117/D/O/2003 tanggal 5 Agustus 2003 di Jakarta.