TEKNIK LINGKUNGAN

LATAR BELAKANG

Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna dibawah yayasan Pendidikan Putra mempunyai sejarah yang diawali dengan bentuk Akademi Teknologi Sapta Taruna (ATST) yang berdiri tahun 1984 dengan 2 (dua) Program Studi DIII Teknik Sipil dan DIII Teknik Penyehatan lingkungan. Dengan Keputusan Mendiknas No. 117/D/O/2003. Pada tahun 2003 ditingkatkan menjadi 4 (empat) Program Studi S1 dan DIII Teknik Lingkungan dan Program Studi S1 dan DIII Teknik Sipil. Nama Sapta Taruna menunjukan 7 (tujuh) Pahlawan Pekerjaan Umum yang berjasa dalam perang kemerdekaan saat mempertahankan Gedung Sate Bandung.

TUJUAN PENDIDIKAN

Program Studi Teknik Lingkungan bertujuan menghasilkan Sarjana teknik Lingkungan yang berkompeten dibidang : 1. Penyediaan Air Minum 2. Pengelolaan Air Limbah/sanitasi 3. Pengelolaan persampahan dan 4. Drainase perkotaan.

VISI MISI

VISI Jurusan Teknik Lingkungan adalah terwujudnya Program Studi Teknik Lingkungan dan Ahli Madya yang kompeten dibidang Penyediaan Air Minum,pengelolaan air limbah/sanitasi, pengelolaan persampahan dan drainase perkotaan. MISI Jurusan Teknik Lingkungan adalah melaksanakan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi melalui proses pembelajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang penyedian air minum, pengelolaan air limbah/sanitasi, pengelolaan persampahan dan drainase perkotaan serta menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan di bidang Teknik Lingkungan.

FASILITAS

Kampus STT Sapta Taruna menempati areal seluas 2820 m2 dengan bangunan gedung berlantai 6(enam) seluas 5328 m2 berikut fasilitas yang tersedia : Ruang Kuliah ber AC kapasitas 30 orang.

PENGAJAR

Para Tenaga Profesional dan Praktisi dibidangnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan tenaga lainya yang merupakan bantuan dari kementerian Pendidikan Nasional, serta Tenaga Ahli lainya.

Program Studi Teknik Lingkungan

1. Program Studi S1 Terdiri dari : A. Program Reguler Menerima mahasiswa dari lulusan SMU/SMK atau sederajat, masa studi 8 (delapan) semster, berhak menyandang gelar Sarjana teknik (ST). B. Program Transfer Menerima mahasiswa dari lulusan DIII, Sarjana Muda atau mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain, masa studi 4 semester berhak menyaandang gelas Sarjana Teknik (ST). 2. Program Studi Diploma III (DIII) Menerima mahasiswa dari lulusan SMU/SMK atau sederajat, masa studi.

Kompetensi Program Studi S1 :

Mahasiswa mampu melakukan perencanaan sampai dengan pengelolaan sistem yang terkait dengan Teknik Lingkungan, sesuai dengan standar tekniks yang telah ditentukan (SNI) sertapengembanganya di bidang penyediaan air minum, pengelolaan air limbah/sanitasi, pengelolaan persampahan dan drainase perkotaan.

Kompetensi Program Studi D III :

Mahasiswa mampu mengawasi/mensupervisi serta melaksanakan operasi dan pemeliharaan pada penyediaan air minum, pengelolaan air limbah/sanitasi, pengelolaan persampahan dan drainase perkotaan.

Kurikulum disusun berbasis kompetensi :

Program Studi S1 ditempuh selama 8 (delapan) semester sebanyak 144 sks terhitung sejak mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan jenjang S1 Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna. Program stui DIII ditempuh selama 6 (enam) semester sebanyak 114 sks terhitung sejak mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan jenjang DIII Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna.

PELUANG KERJA

Pemerintah Pusat: Kementerian Pekerjaan Umum. Kementerian Dalam Negeri Kementerian Kesehatan Kementerian Lingkungan hidup Pemerintah Daerah: Dinas PU Dinas Lingkungan Hidup Dinas Kesehatan Dinas Kebersihan PDAM

KEUNGGULAN

Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna Bekerjasama dengan dengan Kememterian Pekerjaan Umum secara langsung memperkaya materi perkuliahan yang diberikan, serta didukung Dosen-Dosen Praktisi yang berpengalaman di bidang Teknik Sipil, dan sertifikasi keahlian serta praktek lapangan yang menjamin lulusan sarjana siap kerja.