TEKNIK SIPIL

LATAR BELAKANG

Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna berdiri pada tahun 1984 dengan nama Akademi Teknologi Sapta Taruna (ATST). Pada akhir tahun 2003 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi teknoogi Sapta Taruna dengan penambahan program S1 Teknik Sipil dan S1 Teknik Lingkungan berdasarkan keputusan Mendiknas No.117/D/0/2003. Pengelolaan STT Sapta Taruna dibawah yayasan Pendidikan Putra yang didirikan oleh Departemen Pekerjaan Umum pada tahun 1976.

TUJUAN PENDIDIKAN

Program Studi Teknik Sipil bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional handal dan cakap yang berkarya dalam bidang perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pada bidang-bidang ke PU-an (Jalan, Jembatan, Struktur, Bagunan Air, Lingkungan pemukiman dsb).

VISI MISI

VISI program S1 Teknik Sipil dan DIII Teknik Sipil adalah menjadikan program studi yang dapat menghasilkan lulusan siap kerja dan berdaya saing dalam dunia kerja. MISI program S1 Teknik Sipil dan DIII Teknik Sipil adalah meningkatkan mutu dalam proses produk pendidikan sehingga dapat memenuhi tuntutan pasar.

FASILITAS

Ruang Kuliah ber Ac , Lab uji tanah, Ruang komputer, Lab beton hidrolika, Aspal dan bahan serta Perpustakaan yang dilengkapi dengan buku teknik, Jurnal, Majalah dan Bacaan lainnya.

PENGAJAR

Para Tenaga Profesional dan Praktisi dibidangnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan tenaga lainya yang merupakan bantuan dari kementerian Pendidikan Nasional, serta Tenaga Ahli lainya.

MASA STUDI

A. Masa Studi Program S1-TS adalah 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun. masa studi maksimum 14 (empat belas) semester atau 7 tahun terhitung sejak mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa program studi Teknik Sipil jenjang S1 STT Sapta Taruna B. Masa Studi Program DIII-TS adalah 6 (enam) semester atau 3 (tiga) tahun. masa studi maksimum 10 (sepuluh) semester atau 5 (lima) tahun terhitung sejak mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa program studi Teknik Sipil jenjang DIII STT Sapta Taruna.

Kompetensi Program Studi S1 :

Perencanaan, Pelaksanaan, Operasi Pemeliharaan Bangunan Bangunan Infrastruktur (Jalan, Jembatan, Bendungan, Jaringan Irigasi, Persuangain dan Bangunan Gedung. Penambahan ruas Tol.

Kompetensi Program Studi D III :

Assisten Perencanaan, Pengawas,Operasi Pemeliharaan Bangunan Bangunan Infrastruktur (Jalan, Jembatan, Bendungan, Jaringan Irigasi, Persungain dan Bangunan Gedung.

KURIKULUM

Kurikulum disusun berbasis kompetensi : Program S1 Teknik Sipil ditempuh selama 8 semester sebanyak 145 SKS. Program studi D III Teknik Sipil ditampuh selama 6 semester sebanyak 113 SKS

PELUANG KERJA

Pemerintah Pusat. Kementerian Pekerjaan Umum. kementerian perhubungan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jasa Konstruksi (BUMN dan Swasta). konsultan. bank pemerintah dan Swasta. LSM. Perguruan Tinggi.

KEUNGGULAN

Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna Bekerjasama dengan dengan Kememterian Pekerjaan Umum secara langsung memperkaya materi perkuliahan yang diberikan, serta didukung Dosen-Dosen Praktisi yang berpengalaman di bidang Teknik Sipil, dan sertifikasi keahlian serta praktek lapangan yang menjamin lulusan sarjana siap kerja.