kegiatan_ts

Deskripsi Program Studi

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan. Artinya, seorang lulusan teknik sipil perlu menguasai ilmu terkait desain (saat melakukan perancangan), konsturksi (saat melakukan pembangunan dan menyusun sistem pengelolaan), hingga pemeliharaan lingkungan (saat melihat dampak pembangunan dari berbagai aspek). Jenis bangunan yang dimaksud di sini meliputi banyak hal, seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, stasiun, komplek perumahan, serta beragam fasilitas umum lainnya. Oleh karena itu, pilihan topik penelitiannya juga sangat beragam, seperti jembatan dan bantaran sungai/tepi laut, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti; banjir dan gempa bumi, serta konservasi lingkungan di suatu wilayah.

Prospek Kerja

Jenis bangunan yang dimaksud di sini meliputi banyak hal, seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, stasiun, komplek perumahan, serta beragam fasilitas umum lainnya. Oleh karena itu, pilihan topik penelitiannya juga sangat beragam, seperti jembatan dan bantaran sungai/tepi laut, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti; banjir dan gempa bumi, serta konservasi lingkungan di suatu wilayah.

Sejarah

Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna berdiri pada tahun 1984 dengan nama Akademi Teknologi Sapta Taruna (ATST). Pada akhir tahun 2003 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna dengan penambahan program S1 Teknik Sipil dan S1 Teknik Lingkungan berdasarkan keputusan Mendiknas No.117/D/0/2003. Pengelolaan STT Sapta Taruna dibawah yayasan Pendidikan Putra yang didirikan oleh Departemen Pekerjaan Umum pada tahun 1976.

Tujuan Pendidikan

Program Studi Teknik Sipil bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional handal dan cakap yang berkarya dalam bidang perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pada bidang-bidang ke PU-an (Jalan, Jembatan, Struktur, Bagunan Air, Lingkungan pemukiman dsb)

Visi & Misi

Visi
Terwujudnya Program Studi Teknik Sipil yang berdaya saing dan bertaraf nasional dalam rangka penyediaan sarjana teknik sipil yang berintegritas, siap kerja, profesional, dan kompeten pada tahun 2040

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan sarjana Teknik Sipil yang memiliki kemampuan adaptif tinggi dan Profesional;
2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan IPTEK dan pengembangan keilmuan di bidang teknik;
3. Menyelenggarakan pendidikan untuk meningkatkan kemampuan lulusan dalam hal kewirausahaan dan mengembangkan keilmuan pada bidang ke PU-an4. Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan dengan para pemangku kepenetingan dalam rangka keterkaitan dan kesepadanan pada kegiatan tri dharma perguruan. 5. Menyelenggarakan pengelolaan Program Studi yang berkualitas

Fasilitas

Screenshot_1
.

Ruang Kuliah ber Ac , Lab uji tanah, Ruang komputer, Lab beton hidrolika, Aspal dan bahan serta Perpustakaan yang dilengkapi dengan buku teknik, Jurnal, Majalah dan Bacaan lainnya.

Pengajar

Para Tenaga Profesional dan Praktisi dibidangnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan tenaga lainya yang merupakan bantuan dari kementerian Pendidikan Nasional, serta Tenaga Ahli lainnya.

Masa Studi

Masa Studi Program S1-TS adalah 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun. masa studi maksimum 14 (empat belas) semester atau 7 tahun terhitung sejak mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa program studi Teknik Sipil jenjang S1 STT Sapta Taruna.

Kompetensi Program Studi
1. Perencanaan, Pelaksanaan, Operasi Pemeliharaan Bangunan Bangunan Infrastruktur (Jalan, Jembatan, Bendungan
2.Jaringan Irigasi, Persuangain dan Bangunan Gedung.
3.Penambahan ruas Tol Kurikulum

1. Program S1 Teknik Sipil ditempuh selama 8 semester sebanyak 145 SKS.

Kenggulan

Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna Bekerjasama dengan dengan Kememterian Pekerjaan Umum secara langsung memperkaya materi perkuliahan yang diberikan, serta didukung Dosen-Dosen Praktisi yang berpengalaman di bidang Teknik Sipil, dan sertifikasi keahlian serta praktek lapangan yang menjamin lulusan sarjana siap kerja.