5 TIPS AGAR ANAK TIDAK EGOIS DAN MENJADI MANDIRI

By adun at 2018-08-09 • 0 collector • 3241 pageviews

Dalam kehidupan berkeluarga, tiap-tiap orangtua pasti menginginkan anak-anaknya bisa tumbuh jadi anak-anak yang baik, bisa dibanggakan serta memiliki ciri-ciri atau sifat-sifat yang positif dalam semuanya. Banyak orang tua akan lakukan semuanya untuk membahagiakan anak-anak mereka dengan memberi semuanya yang mereka kehendaki, akan tetapi nyatanya hal seperti ini tidak selamanya baik dalam proses mendidik anak. Banyak anak yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan serta belum pernah terasa susah dalam kehidupannya condong jadi manja serta tidak bisa mandiri.

1. Janganlah kebanyakan melarang
Perasaan keingintahuan anak pada dunianya seringkali membuat mereka ingin coba mengerjakannya dengan leluasa. Ketakutan orangtua merupakan bila beberapa hal terburuk berlangsung pada anak Anda. Karena itu banyak orang tua memberikan larangan atau batasan pada satu hal yang dapat membahayakan anak. Larangan cuma membuat perasaan ingin tahu buat anak untuk mengerjakannya serta bisa jadikan anak berbohong pada orang tuanya. Komunikasi dua arah merupakan jalan keluar terunggul untuk memperingatkan anak alih-alih melarang anak lakukan beberapa hal yang ingin mereka kerjakan. Berikan tahu mereka mengenai resiko yang mungkin saja berlangsung serta mintalah anak Anda untuk waspada. CRYSTAL X

2. Ajar anak tidak untuk berbohong
Janganlah sesekali memberi contoh pada anak Anda untuk berbohong. Ajar mereka selalu untuk terbuka mengenai keadaannya dalam semuanya, baik itu menyangkut perasaannya, atau kendala-kendala yang dihadapinya. Janganlah melatih anak Anda tertutup mengenai perasaan mereka pada Anda. Dengan langkah tersebut, Anda telah mendidik anak Anda untuk lakukan tindakan jujur dalam kehidupannya.

3. Janganlah sesekali menghukum dengan kekerasan fisik
Seringkali Anda menjadi orangtua terasa geram atau jengkel pada tingkah atau tingkah laku anak-anak Anda yang jelek serta langkah ampuh untuk bikin anak kapok yaitu dengan hukuman fisik. Salah satunya contoh aksi hukuman fisik yang seringkali dikerjakan banyak orang tua merupakan memukulnya. Tidak tahu itu memakai tangan, kaki atau beberapa benda yang lain yang bisa Anda pakai untuk memukul anak Anda. Hal itu benar-benar tidak dibetulkan.

4. Kasih serta perhatian
Seseorang anak akan terasa nyaman serta bahagia jika orangtua mereka tunjukkan kasih serta perhatian ketika anak memang memerlukan hal tersebut. Kepedulian orangtua dalam soal sekecil apa pun dapat menolong orangtua dalam mendidik anak. Perhatian bukan bermakna bicara mengenai bagaimana Anda menjadi orangtua dapat memberi materi atau beberapa barang kegemaran anak, tapi juga dalam aksi, contohnya yang bisa Anda kerjakan merupakan saat anak Anda belajar, waktu itu Anda dapat tunjukkan perhatian serta kasih Anda lewat cara temani mereka, meskipun sekedar hanya duduk di samping mereka. 


Jadi orangtua merupakan pekerjaan serta tanggung jawab yang mulia. Jadilah orangtua yang bisa dibanggakan oleh anak Anda. Didiklah anak Anda dengan baik, karena itu anak Anda akan memberi sukacita buat Anda serta keluarga.

Requires Login

Loading...